Rafting

Posted on 11/04/2009

6


Hari itu sebenarnya hari raya Nyepi tapi malah justru dapat pengalaman baru nih, uda beberapa waktu yang lalu sih..tapi baru bisa posting sekarang.

Liburan nyepi beberapa waktu kemarin, ditawarin temen-temen PS untuk ikut rafting. Siapa yang gag mau coba, Lebih-lebih aku kan salah satu pecinta wanita, bsstt salah maksudnya pecinta alam, Yeyeyeyyy seneng banget rasanya kalo traveling. Apalagi rafting merupakan salah satu kata didaftar hal2 yg ingin aku lakukan. Mumpung hari libur nih ehh..malah diajak refreshing, pergi rame-rame, gratis pula, ini mah namanya bukan hanya lumayan, tanpa basa-basi jelas saja ga nolak dan pasti ikut. miuww.

Ya..ya..awal yang bagus karna cuaca hari itu dapat diajak kompromi, pagi yang lumayan cerah meskipun semalamnya jogja diguyur hujan. Karna terik matahari sudah mulai kerasa tuh, rombongan kita langsung saja tancep gas, otw menuju tempat tujuan yaitu “Citra Elo”. Dari namanya aja uda bisa ditebak, Yaaps Citra Elo itu terletak  di Sungai Elo, tepatnya di daerah Jln. Raya Mendut-Sendangsono, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kalo dilihat pake peta kayak gini nih.. peta Citra EloBasecamp kita ada dicitra elo itu juga merupakan garis finish kita (*lihat gambar). Jadi untuk startnya dari basecamp kita naik kol dulu menuju start raftingnya.

Sebenarnya di Citra Elo ini gag hanya untuk rafting aja tapi ada beberapa jenis permainan lainnya seperti : Air Soft Games, Flyng Fox, Acara Camping. Dan Sungai Elo ini merupakan kelas Jeram pemula sebelum Serayu Trip, dan Lower Progo Trip. Jadi ini semacam ada tingkatannya, kalo kalian belum nyobain Ello Trip berkali-kali kalian gag bakalan boleh melakukan perjalanan rafting di Serayu ataupun Progo.Persiapan Rafting

Ello Trip ini panjang Lintasannya  12,5 km; dengan waktu tempuh 2,5 – 3 jam (itupun kalo d’dayung, kalo gag d’dayung mah dari seharian aja gag nyampe-nyampe, wkka..ka..), untuk biayanya tiap boats (max 6 orang ) itu tarifnya Rp 750.000,-  yang jelas tiap orang dapet fasilitas pengaman berupa : helm, pelampung, dan dayung. Untuk pemula alias yang belum pernah nyobain ini jeram ga perlu kuatir karna tiap boatsnya kita dipandu oleh satu orang, bahkan sebelum melakukan ello trip kita dikasih pembekalan dulu. Ohya satu lagi.. setelah berhasil melewati tantangan di rafting ini, nanti akan diberikan kenang-kenangan berupa sertifikat rafting. Ini tujuannya supaya kalo kalian ingin lanjut ke kelas rafting yang lebih tinggi bisa sebagai bukti bahwa kalian sudah melewati jeram pemula. Ufufufu..yang pasti ini menyenangkan sekali. Mmm..Nih ada beberapa tips buat kalian yang mau mencobanya :

  1. Kalo ga mau kulitmu sampai item, gosong atau kaya kulit zebra mendingan pake kaos lengan panjang dan celana pendek ditutupi legging, mbehh.. karna kalo hanya menggunakan sunblock saja ga mempan. Lebih-lebih kan kita bermain air dah gitu kena sengatan matahari yang panas banget. Rafting se' RT, ckkka..kkk..kk
  2. Rafting paling seru kalo bareng banyak temen.Kalau cuma 2 boats aja rasanya kurang rame
  3. Rafting gag bakalan seru kalo gag nyemplung alias nyebur ke sungainya. Ya..kebiasaan orang waktu nyebur kesungainya tuh mesti “panik” meskipun uda pake pelampung. Padahal kalo panik kamu justru bakalan tengelam sambil minum air sepuasnya. Lebih nikmat kalo kita ikutin arah arusnya, nanti juga bakalan ditolongin sama guide boatsnya.
  4. Saat mendayung lakukanlah pergantian posisi dengan temanmu supaya lenganmu gag pegel sebelah, dan ketika melewati setiap arung jeram berteriaklah sekencang-kencangnya, itu merupakan trik pelepasan dari kepenatanmu selama ini.

Yaa..emang setelah itu efeknya badan, lengan, dan tangan mu bakalan pegel-pegel serasa mau copot semua, tapi itu hanya beberapa hari aja, Rafting, hhhwwwwaa...!!!itu juga mungkin karna belum terbiasa. Tapi rasa capeknya gag seberapa kalo dibandingin dengan sensasi dan pengalaman-pengalaman hebat yang bakalan kamu dapatkan dalam melewati setiap arusnya. Wwooww..memang sungguh melelahkan namun juga sangat menyenangkan. Aku bisa pastiin kalau uda nyoba sekali bakalan ketagihan pengen nyoba lagi apalagi buat kalian-kalian yang suka sama yang namanya tantangan. Uhh..jadi pengen lagi nih…!!! “-”

 

Posted in: Informasi