S.E.T.I.A

Posted on 13/12/2011

1


Saya selalu kagum dengan langkah kehidupan orang sukses. Bukan karena apa yang mereka miliki saat ini,  namun karena kualitas yang mereka miliki sehingga mereka mampu melampaui keterbatasan mereka dari yang bukan apa-apa menjadi bermakna. Ketika saya membaca kisah kehidupan mereka, atau mereka, atau mereka, saya berpikir bahwa awalnya mereka semua sebenarnya bukanlah orang-orang yang hebat.  Mereka adalah orang yang biasa bahkan bisa dibilang terbatas. Mus mus si berat lidah, Ucup dan Daud (bukan bapak saya) anak bungsu yang diremehkan, Ester (tokoh cewek yang paling aku kagumi) anak yatim piatu dari suku minoritas. So.. why? Mengapa Tuhan justru memilih mereka? Apa istimewanya mereka? Mereka dipilih pasti karena ada alasannya, ada dasarnya!

“Karena mata Tuhan menjelajah keseluruh bumi untuk menemukan
orang-orang yang kualitas hatinya setia, yang dapat dipercaya”

Ternyata, ini alasannya. Tuhan mencari orang-orang yang kualitas hatinya setia. Setia adalah salah satu karakter yang penting, yang belum tentu semua orang memilikinya. Orang yang setia adalah orang yang istimewa karena dia bisa dipercaya. Tuhan gak butuh orang yang hanya sekedar kaya, hebat, pinter. Dia menyukai orang yang setia, taat, dan mau diatur (Dalam hal ini bukan diatur oleh manusia). Uang bisa dicari, pengetahuan bisa dipelajari, namun yang namanya kesetiaan tidak bisa dibeli. Ketika Tuhan memiliki proyek dan rencana yang besar, Dia gak bisa mempercayakan pada sembarangan orang, karena orang yang gak setia justru akan mendatangkan resiko yang besar. Begitu Dia menemukan orang yang setia, dia akan mempercayakan hal-hal yang besar.

“Orang setia siapakah menemukannya?”

Orang yang setia itu sedikit. Tapi orang yang membutuhkan orang yang setia itu banyak. Seorang pimpinan perusahaan membutuhkan pegawai yang memiliki loyalitas yang tinggi, seorang pria atau wanita mendambakan pasangan yang setia. Apalagi yaaa? Ya contohnya itulah.  Lalu bagaimana ciri kualitas hati yang setia:

  1. Keep a right track in God
    Tetap melakukan hal yang benar  dihadapanNya, sekalipun semua orang melakukan hal yang salah, sekalipun situasi dan keadaan merayunya untuk melakukan hal yang tidak baik. Dia tetap setia, setia melakukan apa yang benar untuk dilakukan dan ini tidak gampang. Mungkin saat kita melakukan ini, kita akan menemukan yang namanya cacian, godaan semakin besar, bahkan disalah mengerti. Tapi tetaplah setia, setia kepada Nya.
  2. Tetap setia sekalipun terkadang merasa seolah-olah Tuhan lalai terhadap janjiNya.
    Apapun yang terjadi, sekalipun secara  tampak mata keadaan berbanding terbalik dengan harapan. namun Dia mau kita tetap setia, tetap percaya. Karena justru  dalam saat-saat itulah, kualitas kesetiaan kita akan benar-benar terlihat.
  3. To the max
    Orang yang setia, akan mengikuti setiap rencana pemimpinnya. Bahkan dia gak akan sekedar mengikuti, tapi Dia akan mengerjakan dengan kesungguhan hati, dengan semaksimal mungkin, dengan yang terbaik yang bisa dilakukan.

“Setia itu bukanlah sesuatu yang mudah. Tapi ketika kita memilih untuk setia sebenarnya kita sedang menyenangkan hatiNya, dan tinggal tunggu saatnya kita akan menuai hasilnya”

by: febe

Posted in: Faith, Life