Shabu AUCE (all u can eat)

Posted on 28/12/2016

0


Menjelang tutup tahun ini saya ada acara makan di restoran shabu bersama rekan-rekan kantor (pas banget saya pas lagi pingin makan shabu gara-gara liat mukbang shabu2nya Ria SW). Adakah yang bingung apa itu shabu-shabu?

Shabu shabu adalah makanan Jepang jenis nabemono (masakan yang dimasak dan dihidangkan di dalam panci besar) isinya berupa daging sapi yang diiris sangat tipis kemudian cara makannya dicelup ke dalam panci khusus berisi air panas di atas meja makan kemudian dilambai-lambaikan di dalam kuah untuk beberapa kali sebelum dimakan bersama saus. Selain irisan daging sapi, daging lain yang bisa dimakan secara shabu-shabu misalnya daging ayam, daging domba, ikan fugu/kakap, juga ada bakso dan sayuran.

Tempat makan yang akan dituju kali ini adalah di Shabu AUCE yang terletak tepat di pojok utara perempatan tugu kota. Konsep tempat makan ini adalah auce (all u can eat) alias makan sepuasnya. Jadi pembeli mengambil sendiri makanan yang diinginkan dan bisa makan sampe kenyang sampe puas, disini ga ada batas waktu makannya.

Ada 6 macam pilihan broth (kuah kaldu). Setiap orang bebas menentukan kuah sesuai keinginannya, karena disediakan kompor dan panci untuk masing-masing. Jadi ga seperti di XO yang kita bisa makan shabu ramai-ramai dengan dua pilihan kuah. Kalau di Shabu Auce, setiap orang hanya bisa memilih satu kuah. Untuk kuah pilihannya ada kaldu sapi, kaldu ayam, tom yam, szechuan, sukiyaki, serani. apalagi ya namanya aku lupa. Pembeli juga bebas mengambil sendiri makanan yang disediakan di buffet. Pilihannya ada daging sapi, domba, ayam, kambing, ikan, udang, aneka seafood, mushrooms, sayuran, aneka bakso, sosis, dll (Nah lo aku kalo sudah diperhadapkan dengan yang kaya gini bisa laper mata). Nasi putih juga ada di sediakan gratis, boleh ambil sendiri sesuka hati. Untuk para pengemar mie ada juga udon. Untuk dessert disediakan puding dan es cream berbagai rasa, ada juga macem-macem kue manis. Pilihan minuman ada air putih, teh, wedang ronde, alang-alang, dan soft drink. Lalu pertanyaannya berapa harganya? harganya kamu cukup membayar Rp 100K all u can eat. Untuk jam bukanya 11 am – 11 pm.

Disinilah saran saya muncul, apa tuh: “Jangan kalap“. Sama kaya saya, saya tahu kamu pasti nggak mau rugi, hehehe. Ambillah yang benar-benar kamu inginkan. Kalopun penasaran nyoba, cukup ambil sedikit dulu (satu atau dua), kalo ngrasa enak dan cucok balik lagi ga apa lah buat ambil lagi (ga usah malu diliatin alias jangan ge er ga ada yang liatin kamu juga).

Satu hal yang jelas dagingnya cukup enak, seafoodnya rada tricky, kadang ada yang kurang fresh sih, sayurannya dan jamurnya enak.  Ada udon yang cocok juga buat temen nyabu. Untuk bakso ikan lebih baik ambil sebutir per jenisnya (karena disini jenisnya banyat bangeut). Inget lagi jangan kalap karena sayang kalo uda ambil banyak tp ga dihabisin. Kalau untuk design tempatnya saya suka karena bersih dan ruangannya terlihat elegan. Pelayanannya juga ramah.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan
Posted in: Food Review