Mengenal CC

Posted on 06/01/2017

0


Kartu kredit/Credit card adalah salah satu alat pembayaran yang digunakan bagi sebagian orang sebab banyak fasilitas yang didapat dari penggunaan CC, misalnya memudahkan proses transaksi, potongan harga dan fasilitas cicilan yang ringan, fitur dana cash atau pinjaman dana dengan proses mudah, kemana-mana tidak perlu membawa uang cash, dan memudahkan transaksi usaha.
Diera saat ini, cara pembayaran dalam berbelanja yang sudah semakin beragam membuat pertumbuhan pengguna CC berkembang cukup besar di negara-negara maju dan negara berkembang, termasuk Indonesia. Karena itulah bank-bank di Indonesia berlomba untuk mempromosikan keunggulan dari kartu kredit produk mereka.
cc

 

Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan bank dalam memberikan fasilitas CC kepada calon nasabahnya. Hal ini tentu berkaitan dengan berbagai kebijakan yang mereka terapkan di dalam bisnis mereka. Namun meski demikian, bank memiliki persyaratan standar yang pada umumnya akan menjadi tolak ukur pertama dalam pengajuan yang Anda lakukan. Jadi jangan heran, meskipun Anda telah mengajukan permohonan CC ke beberapa bank sekaligus, namun aplikasi permohonan Anda tidak disetujui. Hal ini bisa saja terjadi akibat kurangnya kelengkapan/skor dari aplikasi yang Anda ajukan tersebut, misalnya: nomor telepon rumah/kantor yang tidak fix line, emergency contact yang sulit dihubungi dan yang lainnya.

Beberapa kendala di atas tentu akan langsung membuat aplikasi Anda ditolak oleh pihak bank, terutama untuk aplikasi yang tidak lengkap. Anda tentu akan bertanya-tanya mengapa hal tersebut bisa terjadi, mengingat Anda merasa telah mengisi dan melengkapi semua persyaratan yang diminta. Sementara itu, bank tidak pernah memberikan alasan penolakan aplikasi Anda, sehingga bisa jadi Anda akan mengulang kembali kesalahan pengajuan tersebut.

Langkah paling tepat dalam mengajukan permohonan CC adalah dengan cara memenuhi persyaratan kelayakan yang telah ditetapkan oleh bank. Lakukan beberapa tips di bawah ini agar permohonan kartu kredit Anda segera disetujui:

1. Pastikan Anda Layak Mendapatkannya

Hal pertama yang harus Anda pikirkan dan pertimbangkan sebelum melakukan pengajuan CC adalah mengenai kelayakan Anda di mata bank. Ini merupakan salah satu hal yang akan membuat aplikasi Anda akan disetujui atau ditolak oleh pihak bank. Bagaimana bisa?

Tentu saja bisa, karena di luar semua persyaratan lainnya yang diminta oleh bank, maka hal terpenting yang mereka lihat adalah mengenai kelayakan dan juga kemampuan Anda untuk menanggung semua risiko yang akan timbul di dalam CC Anda nantinya. Pertimbangkan beberapa poin di bawah ini, terkait dengan kelayakan Anda untuk mendapatkan CC dari bank:

  • IDI yang Bersih
    Ketika Anda mengajukan permohonan CC, maka bank akan melakukan pengecekan mengenai riwayat kredit Anda di bank/lembaga pembiayaan lainnya. Bank akan meminta Informasi Debitur Individual (IDI) Anda dari Bank Indonesia sebagai pihak yang mengelola SID. Hal ini dilakukan untuk memastikan bagaimana kemampuan dan komitmen Anda dalam menerima fasilitas kartu kredit dari bank.Jika Anda memiliki riwayat kredit yang buruk sebelumnya, atau dengan kata lain pernah bermasalah dalam urusan cicilan dan yang lainnya, maka bisa dipastikan aplikasi kartu kredit Anda akan ditolak oleh bank. Pastikan Anda memiliki riwayat kredit yang bersih dan tidak bermasalah saat akan mengajukan permohonan CC. Saya menyebutnya tahap verifikasi ID.
  • Pekerjaan yang memenuhi standar
    Bank memiliki standar khusus bagi para karyawan, di mana pada umumnya bank akan lebih mudah menyetujui CC yang diajukan oleh para karyawan yang bekerja di perusahaan besar/bonafit. Namun, bukan berarti bank tidak menyetujui pengajuan yang berasal dari karyawan perusahaan yang kecil. Perhatikan beberapa poin di bawah ini terkait dengan pekerjaan Anda:

    • Perusahaan/kantor tempat Anda bekerja wajib memiliki fasilitas telepon fix line dan mudah dihubungi untuk verifikasi.
    • Memiliki penghasilan/gaji yang mencukupi (minimal Rp3 juta rupiah per bulannya). Hal ini didukung oleh slip gaji atau Surat Keterangan Penghasilan (SKP) yang dikeluarkan oleh bagian keuangan di perusahaan.
    • Kantor yang layak dan memiliki fasilitas yang semestinya, sehingga bank memberikan penilaian yang baik jika sewaktu-waktu mereka melakukan survey atas pengajuan yang Anda lakukan.
    • Setidaknya Anda telah bekerja minimal selama satu tahun dan telah berstatus sebagai karyawan tetap di perusahaan tersebut.
  • Tempat Tinggal yang sesuai
    Sebaiknya Anda mengajukan CC di tempat/wilayah yang sesuai dengan KTP Anda, sehingga bank akan lebih percaya dan mudah menemukan alamat tempat tinggal Anda. Hal ini akan menjadi poin penting bagi bank, karena mereka merasa lebih mudah menemukan keberadaan Anda jika sewaktu-waktu Anda bermasalah dengan CC yang Anda ajukan. Simak beberapa poin di bawah ini, terkait dengan tempat tinggal Anda:

    • Akan sangat baik jika nomor telepon di rumah Anda fix line. Pastikan orang rumah menerima verifikasi bank dengan baik dan sesuai data sebenarnya.
    • Beritahu orang rumah jika Anda mengajukan permohonan kartu kredit, hal ini penting agar mereka tidak kaget jika sewaktu-waktu bank melakukan survey ke rumah Anda.

2. Ajukan dan Lengkapi Aplikasi dengan Data dan Dokumen yang Valid

Jika Anda merasa telah layak dan mampu memenuhi beberapa poin di atas, maka Anda bisa mengajukan permohonan CC Anda ke bank. Simak beberapa poin di bawah ini ketika Anda akan mengajukan CC ke bank:

  • Pilih Bank yang Tepat
    Ada banyak bank yang memberikan fasilitas CC, namun sebagai calon aplikan pemula, ada baiknya Anda memikirkan untuk mengajukan aplikasi ke sebuah bank yang memiliki tingkat approval tinggi bagi orang yang belum pernah memiliki kartu kredit (pengajuan dengan slip gaji/SKP). Pilih salah satu bank yang memiliki kriteria tersebut dan perhatikan beberapa poin di bawah ini sebagai tambahan:

    • Pilih bank yang digunakan kantor untuk membayar payroll. Akan sangat baik jika Anda mengajukan kartu kredit pada bank yang sama di mana kantor Anda membayar gaji karyawan setiap bulannya. Dengan begitu, bank akan dengan mudah melihat riwayat keuangan Anda di dalam rekening pribadi Anda.
    • Pastikan saldo tabungan dan juga perputaran dana di dalam tabungan Anda selama 3 bulan terakhir dalam keadaan baik dan mencukupi. Hal ini akan dilihat oleh bank sebagai gambaran kemampuan keuangan yang Anda miliki.
  • Lengkapi Persyaratan yang Diminta
    Pastikan Anda melengkapi semua persyaratan yang diminta oleh pihak bank, karena hal ini akan mempermudah proses pengajuan aplikasi yang Anda lakukan. Pengajuan aplikasi yang tidak lengkap dan sesuai dengan ketentuan hanya akan berakhir dengan penolakan dari pihak bank.

    • Isi formulir aplikasi dengan data yang benar dan sesuai. Pastikan Anda mengisi semua kolom dengan hati-hati dan jangan lupa untuk selalu menandatangani aplikasi tersebut.
    • Kondisikan emergency contact (keluarga tidak serumah) sebelum Anda mengisinya di aplikasi. Hal ini sering menjadi penyebab ditolaknya pengajuan CC, karena itu hubungi dan kondisikan dengan baik sebelum Anda mencantumkan nama seseorang sebagai emergency contact Anda.
    • Legkapi aplikasi dengan dokumen yang layak, seperti: fotokopi KTP, fotokopi NPWP, slip gaji/SKP (asli), serta fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir (jika dibutuhkan).
  • Ajukan di Tempat yang Tepat
    Ada beberapa pilihan tempat mengajukan CC yang bisa Anda pilih, di antaranya:

    • Anda bisa mendatangi bank terdekat dan mengajukan permohonan CC secara langsung di sana.
    • Anda juga bisa mengajukannya secara online dengan mengunjungi website resmi bank yang Anda pilih.
    • Anda bisa memanfaatkan program Member Get Member (MGM) yang biasanya diberikan oleh bank kepada nasabah pengguna kartu kredit mereka, di mana nasabah tersebut akan merekomendasikan seseorang yang dianggapnya layak untuk menerima program tersebut. Barangkali teman, keluarga, atau rekan kerja Anda memiliki program MGM dari kartu kreditnya, karena dengan begini akan lebih mudah disetujui.
    • Anda juga bisa mengajukan permohonan CC di mall/supermarket ketika bank mengadakan promosi di sana.

Selanjutnya, berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan mengunakan  kartu kredit mungkin akan berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung dari pekerjaan, kebutuhan, dan bahkan lokasi tempat tinggal. Jika anda berminat untuk membuat CC selain kelebihan anda juga harus memahami kelemahannya khususnya bagi anda selaku konsumen, karena jika tidak bijaksana dalam pemakaiannya justru akan menjadi boomerang. Kalau tadi diatas saya sudah menerangkan beberapa kelebihan dari CC, maka berikut tips dalam menggunakan CC dengan bijaksana, seperti:

  • Sebelum Anda menggunakan CC, sebaiknya perhitungkan terlebih dahulu berapa pengeluaran wajib Anda, misalnya kebutuhan pokok bulanan, bayar tagihan listrik dan air, bayar uang sekolah anak dan sebagainya, kemudian jika pendapatan Anda dikurang biaya kebutuhan pokok tersebut masih ada, sisihkanlah untuk membayar CC Anda.
  • Memprioritaskan yang perlu. Jika Anda telah memiliki CC dan ingin mengunakannya, Anda harus menanamkan dalam diri Anda untuk tidak berlebihan dalam menggunakannya.
  • Jangan berbelanja tanpa rencana. Hindarilah kebiasan seperti itu dan belajarlah menahan diri Anda untuk tidak belanja jika tidak direncanakan. Jika Anda ingin belanja sebaiknya Anda merencanakannya terlebih dahulu apa yang ingin Anda beli dan perhitungkanlah juga uang yang Anda miliki.
  • Jika Anda ingin berbelanja, ke tempat bermain, atau makan atau ke mana saja, perhitungkanlah terlebih dahulu uang yang Anda miliki sebelum Anda pergi, apakah uang Anda cukup untuk membayar pengeluaran Anda. Upayakanlah untuk selalu membayar pengeluaran Anda dengan uang tunai.
  • Sebaiknya gunakan CC jika diperlukan, misalnya uang Anda habis dan Anda harus membeli makan atau jika membayar dengan menggunakan CC mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

Boleh saja mengikuti perkembangan jaman, menikmati kemudahan, mendapatkan potongan harga saat berbelanja, dan memenuhi kebutuhan dengan bantuan CC. Namun dalam menggunakannya juga perlu untuk selalu bijaksana.

Iklan
Posted in: Informasi